Sastra Bandingan Kisah Cinderella (Cinderella versi Yunani dengan Cinderella versi Film Ever After)

Kisah Cinderella, siapa yang tidak tahu dongeng dunia ini. Dongeng ini sering disebut-sebut berasal dari Yunani yang dianggap versi tertua dari cerita, dicatat oleh Strabo sejarawan Romawi di abad pertama SM.

Dalam dongeng ini diceritakan tentang seorang gadis bernama Rhodopis. Dia lahir di Yunani, tetapi ia telah diculik oleh bajak laut dan dibawa ke Mesir di mana ia dijual sebagai budak. Majikannya adalah seorang pria tua yang baik. Pria ini menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Rhodopis adalah seorang gadis cantik dengan mata berwarna hijau, rambut keriting yang berwarna keemasan dan kulitnya putih. Hal ini membuatnya tampak berbeda dengan pelayan-pelayan yang lain.

Pelayan-pelayan wanita yang lain merasa iri padanya, sehingga Rhodopis selalu diperlakukan kasar oleh mereka. Mereka memerintahkan Rhodopis untuk mencuci baju, membersihkan kebun, dan memanggang roti. Ia tidak memiliki teman manusia, hanya seekor binatang yang selalu setia menemaninya. Suatu malam Rhodopis sedang menari-nari di taman, lalu pria tua majikannya melihat dan mengamati tariannya. Ia sangat merasa kagum dengan tarian Rhodopis. Pria tua tersebut lalu membelikannya sepasang sandal. Sandal yang terbuat dari kulit berwarna merah emas dan terlihat sangat indah. Pelayan-pelayan wanita yang lainpun menjadi semakin membencinya.

Suatu hari, Firaun mengadakan sebuah pesta dan mengundang kerajaan lain untuk datang. Rhodopis dan pelayan-pelayan wanita lainnya tentu juga sangat menginginkan untuk pergi ke pesta tersebut. Sebagian dari pelayan-pelayan wanita itu mengenakan pakaian terbaik mereka untuk hadir ke pesta. Mereka melimpahkan semua tugasnya kepada Rhodopis dan melarangnya untuk pergi ke pesta. Rhodopis pun merasa sedih, lalu ia mencuci pakaian di sungai. Ketika ia sedang mencuci ia melihat seekor elang turun dan mengambil salah satu sandalnya dan elang itu langsung terbang tinggi entah kemana.

Firaun yang sedang duduk termenung saat pesta itu merasa terkejut dengan seekor elang yang tiba-tiba menghampirinya dan menjatuhkan sebuah sandal di pangkuannya. Karena merasa tertarik dengan sandal tersebut, Firaun memerintahkan anak buahnya untuk mencari wanita yang memiliki sandal itu. Begitu banyak rumah yang dikunjungi, namun tak juga menemukan pemiliknya. Sampai akhirnya di rumah pria tua tempat Rhodopis tinggal. Sementara para pelayan wanita sibuk mencoba sandal tersebut, Rhodopis bersembunyi di balik rerumputan. Firaun melihatnya dan memintanya untuk mencoba sandal tersebut.

Rhodopis lalu mencoba sandal itu dan mengeluarkan pasangannya. Setelah melihatnya, Firaun pun mengatakan bahwa Rhodopis akan menjadi ratunya. Para pelayan wanita lain merasa marah dan mengatakan bahwa Rhodopis hanyalah seorang budak dan bukan seorang gadis Mesir. Namun, Firaun tidak peduli dan tetap menjadikan Rhodopis sebagai ratunya. Akhirnya Rhodopis dan Firaun hidup bahagia selamanya.

Banyak kisah-kisah di dunia mengadaptasi dari kisah Cinderella ini, baik dalam bentuk cerita rakyat, film, lukisan maupun lagu. Dan yang yang akan dibahas kali ini adalah Ever After (1998) yang disutradarai oleh Andy Tenat, dan dimainkan oleh Danielle De Barbarac (Drew Barrymore), Pangeran Henry (Dougray Scott), Baroness Rodmilla De Ghent (Anjelica Huston), Marguerite (Megan Dodd) dan Jacqueline (Melanie Lynskey).

Menurut film ini, Danielle De Barbarac adalah kisah hidup dari Cinderella yang tinggal di Prancis. Danille adalah seorang perempuan muda yang cerdas, humoris, dan penuh semangat. Sama seperti cerita Cinderella, ayahnya juga wafat, dan ia terpaksa hidup bersama ibu tiri (Rodmilla) dan dua orang saudara tiri perempuannya, Marguerite dan Jacqueline. Ia dipaksa bekerja menjadi seorang pembantu oleh ibu dan salah satu saudara tirinya Marguerite.

Berbeda dengan saudaranya, Jacqueline selalu bersikap baik pada Danielle, namun ia tidak berani membela Danielle dihadapan ibu dan saudaranya. Berbeda dengan Cinderella dan pangeran dalam cerita yang jatuh cinta pada pandangan pertama, Danielle sudah beberapa kali bertemu dengan Pangeran Henry sebelum akhirnya mereka saling jatuh cinta. Danielle bertemu dengan Pangeran Henry saat ia membuat jatuh seorang pemuda yang berusaha mencuri seekor kuda milik  Ibu tirinya.

Ternyata pemuda tersebut bukanlah pencuri biasa karena ia adalah Pangeran Henry, putra mahkota kerajaan Perancis yang berusaha melarikan diri lantaran tidak ingin terperangkap dalam pernikahan tanpa cinta yang diatur ayahnya. Lalu mereka bertemu kembali saat Danielle sedang menyamar sebagai seorang bangsawan atau countess untuk menyelamatkan seorang pelayan keluarganya dari penjara karena berutang. Danielle sempat terlibat dalam perdebatan seru dengan Pangeran Henry. Putra mahkota tersebut merasa mengenali Danielle, namun tidak ingat namanya.

Pangeran Henry yang merasa kagum akan keberanian dan semangat yang dimiliki oleh Danielle pun akhirnya jatuh cinta padanya. Sang pangeran berusaha untuk menemukan Danielle. Danielle yang juga mencintai pangeran berusaha menghindarinya karena takut pangeran akan menjauhinya jika mengetahui bahwa ia bukanlah bangsawan. Akhirnya kerjaan mengadakan sayembara untuk mencari calon istri untuk pangeran Henry. Saudara tiri Danielle yang bernama Marguerite memenangkan sayembara tersebut. Namun pada akhirnya Pangeran Henry menikah dengan Danielle berkat bantuan seseorang yang bernama Leonardo DaVinci. Mereka pun hidup bahagia.

Berikut adalah persamaan dan perbedaan antara Cinderella asli Yunani dengan film Ever After:

Persamaan & Perbedaan Cinderella versi Yunani Cinderella versi Film Ever After
Persamaan §  Tokoh Cinderella memiliki sikap yang baik dan wajah yang cantik.

§  Banyak wanita yang selalu merasa iri dengan apa yang dimiliki oleh tokoh Cinderella.

§  Mengalami siksaan dan dipaksa membersihkan rumah.

§  Menikah dengan pangeran yang dicintainya.

Perbedaan § Tidak memiliki ibu dan saudara tiri.

§ Pandai menari.

§ Memiliki sepasang sandal yang salah satunya diambil oleh burung elang dan menjadi petunjuk bagi pangeran.

§ Memiliki ibu dan saudara tiri.

§ Salah satu saudara tirinya bersikap baik dan tidak suka memerintah.

§ Menolong ibu dan saudara tirinya dari penjara.

§ Sudah pernah bertemu dengan pangeran beberapa kali.

§ Dapat menikah dengan pangeran karena bantuan orang lain.

_Biorhimitzu_

About biorhimitzu

''If you can dream it, you can do it''

Posted on 11 Maret 2015, in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: