Sinopsis Student Hijo

Cerita ini diawali dengan rencana orangtua Hijo yang menyekolahkan Hijo ke Belanda. Ayah Hijo, Raden Potronojo, berharap dengan Hijo ke Belanda bisa mengangkat derajat keluarganya. Walaupun keluarga Hijo sudah menjadi saudagar yang bisa menyamai gaya hidup kaum priyayi, ternyata belum mampu menyetarakan status soial, khususnya di mata orang-orang yang dekat dengan gouvernement, pemerintah kolonial. Sedangkan sang ibu, Raden Nganten Potronojo, khawatir melepas anaknya ke negeri yang dinilai memiliki “pergaulan” bebas.

Pendidikan di Belanda ternyata membuka mata dan pikiran yang sangat besar bagi Hijo. Hijo sang kutu buku yang terkenal “dingin” dan mendapat julukan “pendito” akhirnya terlibat hubungan seksual di luar nikah dengan Betje, putri directeur salah satu maatschapij yang rumahnya ditumpangi Hijo selama mengenyam pendidikan di Belanda. Namun, hal ini sangat bertentangan dengan batin Hijo. Sampai pada akhirnya Hijo memutuskan hubungan dengan Betje.

Permasalahan Hijo pun semakin rumit ketika perjodohan dengan Raden Ajeng Biru yang masih memiliki hubungan kerabat dengannya, meskipun sesungguhnya Hijo menyukai Raden Ajeng Wungu, putri Regent Jarak yang sangat cantik. Namun pada akhirnya, Hijo diberi kebebasan untuk memilih orang yang akan ia nikahkan. Pada akhirnya perjodohan antara mereka pun berubah haluan. Hijo dijodohkan dan menikah dengan Wungu, sementara Biru dengan Raden Mas Wardojo kakak laki-laki Wungu. Semua pihak baik yang menjodohkan dan yang dijodohkan, menerima dan bahagia.

Selain itu, pengalaman Hijo di negeri Belanda membuat ia mengetahui satu hal, yaitu ia melihat bahwa di negerinya sendiri bangsa Belanda ternyata tidak “setinggi” yang ia bayangkan. Justru di Belanda, Hijo sangat menikmati karena ia dapat memerintah orang-orang Belanda di hotel, restoran, atau di rumah tumpangan yang mustahil dilakukan di Hindia.

_Biorhimitzu_

About biorhimitzu

''If you can dream it, you can do it''

Posted on 5 Maret 2015, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: