Biografi Mas Marco (Marco Kartodikromo)

Marco Kartodikromo atau yang biasa dikenal Mas Marco, lahir di Cepu, Blora pada 1890. Ia adalah seorang wartawan dan seorang aktivis kebangkitan nasional asal Hindia-Belanda di masanya. Perannya sebagai aktivis itulah yang membuat dirinya keluar masuk penjara beberapa kali. Marco pun pernah menjabat sebagai sekretaris Sarekat Islam di Solo.

Marco terlahir sebagai anak seorang priyayi walaupun bapaknya hanya sebagai priyayi rendahan. Marco pernah bekerja di Semarang sebagai juru tulis di kantor pemerintahan. Di sanalah ia belajar bahasa Belanda.

Pada 1914 atau pada saat ia berusia 24 tahun, Marco pindah ke Surakarta dan mendirikan surat kabar Doenia Bergerak. Di surat kabarnya Marco menjadi penulis dan redaktur surat kabar bahkan ia tidak segan-segan mengkritik tatanan kolonial. Karena kritikannya itulah yang membuat ia dianggap sebagai orang yang pemberontak terhadap Belanda. Hingga akhirnya kritikannya itu membawa dirinya keluar masuk penjara. Ia pernah dipenjara oleh Belanda pada 1915, Mei 1917 hingga Februari 1918, dan 1926 diasingkan ke Digul, Irian Jaya hingga ia meninggal.

Setelah keluar dari penjara Weletyreden, Marco bergabung dengan Semaoen dan Darsono di Sinar Djawa, surat kabar milik Sarekat Islam di Semarang yang berhaluan sosialis. Di Koran tersebut Marco menerbitkan karya sastra berjudul Matahariah dan Student Hijo. Pada beberapa tahun kemudian, Marco sempat bergabung dengan Soerjopranoto di Sarekat Islam Yogyakarta. Pada saat ini, Marco menerbitkan majalah Pemimpin namun harus dibubarkan oleh Belanda.

Pada 1924, ia kembali aktif dalam pergerakannya. Ia tinggal di Salatiga. Di sana ia menerbitkan Jurnal Hidoep yang berisikan cerita Babad Tanah Djawi dan sejarah Jawa namun tulisan itu tidak terselesaikan.

Hingga akhirnya ia pindah ke Surakarta dan bergabung dengan Misbach yang pada saat itu organisasinya dekat dengan Partai Komunis Indonesia. Inilah yang membuat Marco diasingkan ke Digul, Irian Jaya hingga ia meninggal pada 1932.

_Biorhimitzu_

About biorhimitzu

''If you can dream it, you can do it''

Posted on 5 Maret 2015, in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: